Rekap Kuliah Online Pemburu Beasiswa: Amerika (USAID)

Negara:  United States of America
Jenis Beasiswa: USAID
Pemateri: Yuddy Hendranata
Waktu: 4 Juli 2015

Rekapitulasi Kuliah Online:

Jadi saya cerita yg sekarang dl ya.
Saat ini saya menerima beasiswa dr USAID.
Kebetulan beasiswa ini pengelolaannya sama dgn beasiswa Prestasi
Tp saya rasa rekrutmen nya punya proses yg sama
Jadi saya cerita yg sekarang dl ya.
Saat ini saya menerima beasiswa dr USAID.
Kebetulan beasiswa ini pengelolaannya sama dgn beasiswa Prestasi
Tp saya rasa rekrutmen nya punya proses yg sama
Bagian terpenting dr beasiswa ini adalah surat rekomendasi
Selain itu ada statement of purpose, semacam essay ttg diri kita
Jd 2 hal itu yh membuka jalan pertama
Nah waktu itu saya diminta 3 rekomendasi: dr dosen, dr kawan dan dr atasan tempat bekerja
Satu trik utk dpt beasiswa ini. Saya minta teman2 orang US utk memberikan rekomendasi.
Karena ini beasiswa dr US maka pastinya pemberi beasiswa akan percaya dgn orang mereka sendiru
Maaf sendiri
Selain itu, dr 3 yg mereka minta, saya berikan 5 rekomendasi
Jd utk memperkuat posisi kita jg
Itu satu kunci utk merebut beasiswa
Yg kedua ttg essay itu
Disitu saya tuliskan dr latar belakang sampai rencana saya ke depan setelah lulus
Saya ambil rule of thumb nya, yakni membuat cerita yg segaris
Artinya dr latar belakang saya bidang akuntansi, sampai saya kembali lg nanti setelah lulus akan bekerja di bidang keuangan, semuanya sejalan dan segaris.
Di bagian lain dr esaay tersebut, saya selipkan prestasi yg pernah saya raih..
Gak mesti yg wah, yg penting sesuatu yg inovatif meskipun kecil tp sgt berharga utk nambah nilai diri kita
Saya jg sebutkan kalau pernah bekerja sosial, artinya bekerja utk kepentingan sosial tanpa mengharap imbalan
Hal terakhir ini kerap menjadi perhatian pemberi beasiswa dr US
Ataupun perusahaan US yg merekrut tenaga kerja
Jd kita ambil point2 penting dimana si pemberi beasiswa biasanya tertarik
Krn masing2 negara tentu punya kepentingan dan fokus yg berbeda2
Itu td bbrp strategi yg saya terapkan saat mencoba apply beasiswa USAID ini
Bagaimana persiapan utk memenuhi strategi td? Tentunya ada bberapa hal yg harus diperhatikan.
Yg pertama ttg rekomendasi. Banyak org yg bs memberikan rekomendasi bagi kita, artinya kita bs membangung network yg cukup lebar.
Utk itu satu hal yg perlu diingat adalah berbuat baik dan jgn segan2 membantu org lain. Apapun itu yg bs kita bantu.
Itu salah satu kunci membangun network menurut pengalaman saya.
Mungkin saja dr network yg kita bangun ada informasi2 yg berharga atau hal2 lain yg membuka jalan utk kita lebih maju kedepannya.
Membangun network banyak seninya. Masing2 individu tentu punya pendekatan yg berbeda. Asalkan nyaman utk dilakukan. Pasti hasilnya akan bagus. Maksudnya: jika kita merasa terpaksa melakukan satu hal, itu artinya gak nyaman. Harus cepat ubah haluan..?
Hal lain terkait inovasi.
Seperti yg sudah sering kita dengar terkait topik inovasi.. katanya inovasi timbul krn adanya keresahan..
Termasuk PBEC ini kan satu inovasi.. berangkat dr keresahan utk dpt beasiswa kan?
Di bagian lain dr esaay tersebut, saya selipkan prestasi yg pernah saya raih..
Gak mesti yg wah, yg penting sesuatu yg inovatif meskipun kecil tp sgt berharga utk nambah nilai diri kita
Saya jg sebutkan kalau pernah bekerja sosial, artinya bekerja utk kepentingan sosial tanpa mengharap imbalan
Hal terakhir ini kerap menjadi perhatian pemberi beasiswa dr US
Ataupun perusahaan US yg merekrut tenaga kerja
Jd kita ambil point2 penting dimana si pemberi beasiswa biasanya tertarik
Krn masing2 negara tentu punya kepentingan dan fokus yg berbeda2
Itu td bbrp strategi yg saya terapkan saat mencoba apply beasiswa USAID ini
Bagaimana persiapan utk memenuhi strategi td? Tentunya ada bberapa hal yg harus diperhatikan.
Yg pertama ttg rekomendasi. Banyak org yg bs memberikan rekomendasi bagi kita, artinya kita bs membangung network yg cukup lebar.
Utk itu satu hal yg perlu diingat adalah berbuat baik dan jgn segan2 membantu org lain. Apapun itu yg bs kita bantu.
Itu salah satu kunci membangun network menurut pengalaman saya.
Mungkin saja dr network yg kita bangun ada informasi2 yg berharga atau hal2 lain yg membuka jalan utk kita lebih maju kedepannya.
Membangun network banyak seninya. Masing2 individu tentu punya pendekatan yg berbeda. Asalkan nyaman utk dilakukan. Pasti hasilnya akan bagus. Maksudnya: jika kita merasa terpaksa melakukan satu hal, itu artinya gak nyaman. Harus cepat ubah haluan..?
Hal lain terkait inovasi.
Seperti yg sudah sering kita dengar terkait topik inovasi.. katanya inovasi timbul krn adanya keresahan..
Termasuk PBEC ini kan satu inovasi.. berangkat dr keresahan utk dpt beasiswa kan?
Nah.. teman2 bisa memasukkan PBEC ini dlm essay..
Kan ada manfaatnya bgi org banyak jg..
Salut buat teman2 atas inovasi ini..??
Selain itu pasti ada hal2 lain yg bs kita lakukan utk masyarakat. Sesuai bidang masing2.
Nah ini bs jd kunci utk meraih beasiswa..
Intinya sesuatu yg berbeda dr yg lain
Biasanya saat wawancara satu pertanyaan yg akan selalu ditanya adalah: Mengapa saya harus memilih anda sebagai peraih beasiswa?
Kira2 ada temen yg tau jawabannya?
04/07/15 09.26.04: PB Ms Yuddy H: Haha.. jangan kawatir..
04/07/15 09.26.13: PB Ms Yuddy H: Saya juga gak bisa jawab awalnya
04/07/15 09.26.27: PB Ms Yuddy H: Saya tanya ke mbah Google waktu itu..
04/07/15 09.26.48: PB Ms Yuddy H: Saya coba rangkum dan cari.jawaban yg humble tp agak mengena
04/07/15 09.27.46: PB Ms Yuddy H: Jd jawabnya gini..
04/07/15 09.28.18: PB Ms Yuddy H: Saya bilang semua kandidat pada dasarnya memiliki potensi besar utk jd peraih beasiswa
04/07/15 09.29.03: PB Ms Yuddy H: Tp saya punya kelebihan lain dibanding mereka yg lebih pas dgn persyaratan beasiswa ini.
04/07/15 09.29.48: PB Ms Yuddy H: Krn wkt itu usaid mencari kandidat ekonomi, maka saya bilang saya punya latar belakang pendidikan dan pengalaman di bidang itu
04/07/15 09.30.08: PB Ms Yuddy H: Jd kita tetap humble dlm menjawab..
04/07/15 09.30.22: PB Ms Yuddy H: Jgn merasa pintar atau menggurui.. ingat hal ini ya..
04/07/15 09.30.39: PB Ms Yuddy H: Krn akan fatal.. bbrp teman saya yg hebat2 gagal krn hal ini..
04/07/15 09.31.33: PB Ms Yuddy H: Nah itu jawaban pembuka nya..
04/07/15 09.31.49: PB Ms Yuddy H: Sisanya kita sebutkan prestasi atau pengalaman kita..
04/07/15 09.32.14: PB Ms Yuddy H: Dan ingat satu hal yg harus ada pada setiap beasiswa: kita menjadi agen perubahan
04/07/15 09.32.24: PB Ms Yuddy H: Sebutkan hal ini di essay..
04/07/15 09.33.19: PB Ms Yuddy H: Bahwa setelah kita kembali dr kuliah nanti kita akan membawa perubahan bg organisasi kita dgn jalan membagi ilmu kepada teman2 kita utk membuat organisasi lbh maju
04/07/15 09.34.46: PB Ms Yuddy H: Nah itu beberapa trik2 awal yg bs saya share.
04/07/15 09.38.40: PB Ms Yuddy H: Coba aja bilang sesuatu di diri kita yg unik
04/07/15 09.38.52: PB Ms Yuddy H: Apa nih infonya mbak?
04/07/15 09.39.30: PB Ms Yuddy H: Jd gini..
04/07/15 09.39.40: PB Ms Yuddy H: Saya lulus sma dulu trus ke stan
04/07/15 09.40.05: PB Ms Yuddy H: Ada yg pernah denger?
04/07/15 09.40.22: PB Ms Yuddy H: Iya.. motivasi saya wkt itu adalah saya ingin ke luar negeri
04/07/15 09.40.53: PB Ms Yuddy H: Karena dr berbagai tawaran beasiswa kok yg dicari sebagaian besar dr PNS
04/07/15 09.41.08: PB Ms Yuddy H: Blm beruntung aja mbak Mel..
04/07/15 09.41.19: PB Ms Yuddy H: Saya jg kebetulan aja wkt itu
04/07/15 09.41.27: PB Ms Yuddy H: Apa mgkn seleksi foto ya? Hehe
04/07/15 09.41.46: PB Ms Yuddy H: Nah itu alasan saya knapa masuk stan
04/07/15 09.41.58: PB Ms Yuddy H: Pdhal waktu sma saya gak ada niat itu
04/07/15 09.42.04: PB Ms Yuddy H: Saya dari Bali mbak
04/07/15 09.42.10: PB Ms Yuddy H: Deket sama Malang kan ga
04/07/15 09.47.01: PB Ms Yuddy H: Nah.. ini terkait dgn persiapan
04/07/15 09.47.14: PB Ms Yuddy H: Banyak cara.. apalg skrg ada internet
04/07/15 09.47.16: PB Ms Yuddy H: Ada blog
04/07/15 09.47.25: PB Ms Yuddy H: Ada macam2 medsos
04/07/15 09.48.05: PB Ms Yuddy H: Pertama: temen2 bisa memperkenalkan diri ke orang asing dgn aktif diskusi di blog mereka
04/07/15 09.48.26: PB Ms Yuddy H: Makin aktif kita akan makin dikenal
04/07/15 09.49.27: PB Ms Yuddy H: Kirim.email langsung ke orgnya mgkn jg bs.. tp tidak efektif krn mereka sibuk.. dan tentunya kurang menarik bg mereka krn mereka anggap tdk ada nilai tambah
04/07/15 09.49.54: PB Ms Yuddy H: Nah kalo di blog kan kita bs komen pendapat mereka .. dgn komen yg membangun
04/07/15 09.50.22: PB Ms Yuddy H: Kedua: minta tolong temen2 yg sdh di LN utk.memperkenalkan
04/07/15 09.50.42: PB Ms Yuddy H: Saling bantu misalnya.. yg terdahulu.membantu yg belakangan
04/07/15 09.50.59: PB Ms Yuddy H: Jd ba diperkenalkan dgn orang2 di LN
04/07/15 09.51.26: PB Ms Yuddy H: Selanjutnya bgmn temen2 yg belakangan bs membina hubungan
04/07/15 09.51.55: PB Ms Yuddy H: Biasanya org asing itu akan berteman baik jika kita bs kasi sesuatu ke mereka
04/07/15 09.52.14: PB Ms Yuddy H: Jd semacam hubungan timbal balik dan mutual
04/07/15 09.52.27: PB Ms Yuddy H: Pernah belajar biologi kan ya?? Hehe
04/07/15 09.53.07: PB Ms Yuddy H: Yg ketiga: pada setiap kesempatan konfrensi atau apapun, usahakan hadir dan memberi komentar.
04/07/15 09.54.08: PB Ms Yuddy H: Setelah selesai konfrensi atau seminar, kita bs dekati org2 tsb.. paling gak kita ada bahan pembicaraan dan bs kasi sesuatu ke dia. Dan akhirnya bs membina hubungan yg lbh mutual..
04/07/15 09.54.24: PB Ms Yuddy H: Begitu kurang lebih. Kira2 susah gak melakukannya?
04/07/15 09.55.35: PB Nana: Wah Kalo yg dicari utk beasiswa kebanyakan pns yg non pns gak ada kesempatan donk kak ?Nah untuk aktif diblog orang asing kan ruz cari yg bener2 akun Asli tuh krn skrg kan banyak scammer mb gimana tuh biar kita tau itu blog akun resmi dan bukan scammer
04/07/15 09.55.49: ‪+62 882‑1153‑0358‬: Berarti harus menjalin hubungan baik sama semua orang yg dikenal niih.. ?

Kereen kereen
04/07/15 09.56.32: PB Ms Yuddy H: Jgn kawatir.. pns hanya peluang.nya lbh besar
04/07/15 09.56.45: PB Ms Yuddy H: Non pns msh tetap dapat kok
04/07/15 09.56.55: PB Ms Yuddy H: Misalnya dosen
04/07/15 09.57.23: PB Ms Yuddy H: Atau karyawan swasta.. banyak jg yg dapat
04/07/15 09.57.55: PB Ms Yuddy H: Mgkn dgn mencoba strategi saya bs membantu
04/07/15 09.58.31: PB Ms Yuddy H: Kalo.masalah akun asli.. blog yg biasanya berbobot yg kita ikuti
04/07/15 09.58.41: ‪+62 857‑6999‑3214‬: seandainya kita yg belum punya karya publikasi…, itu bagaimana pak yuddy?
04/07/15 09.58.58: PB Ms Yuddy H: Misalnya Bank Dunia.. hampir semua manajer nya punya blog
04/07/15 09.59.11: PB Ms Yuddy H: Sekalian melatih bahasa inggris.kita jg kan
04/07/15 09.59.40: PB Ms Yuddy H: Bener.. menjalin hubungan baik = membangun network
04/07/15 09.59.56: PB Ms Yuddy H: Nah itu dia Ary..
04/07/15 10.00.09: PB Ms Yuddy H: Knapa saya gak.ambil beasiswa S3 Australia
04/07/15 10.00.29: PB Ms Yuddy H: Kalo utk S2 biasanya gak terlalu dibutuhkan adanya publikasi
04/07/15 10.01.00: PB Ms Yuddy H: Stlh saya lulus dr australia thn 2004, saya mulai ancang2 utk buat tulisan..
04/07/15 10.01.30: PB Ms Yuddy H: Karena itu yg sebagian besar diminta oleh pemberi beasiswa Australia
04/07/15 10.02.00: PB Ms Yuddy H: Namun apa daya, saya wkt itu mendapat pekerjaan baru di kantor yg baru
04/07/15 10.03.02: PB Ms Yuddy H: Akhirnya saya gak jadi2 buat publikasi. Tp ada hikmahnya. Saya bs membuat satu inovasi dlm mengbangkan kantor baru. Yg mana ini jd nilai lebih saya kedepannya
04/07/15 10.03.53: PB Ms Yuddy H: Itu jg yg bs nambah ide kita utk membuat tulisan2.. gak harus yg ilmiah.. opini di koran jg OK
04/07/15 10.04.15: PB Ms Yuddy H: Temen saya bbrp kali nulis opini di koran. Bs jd bahan jg
04/07/15 10.04.46: PB Ms Yuddy H: Skrg beasiswa dr Australia tdk mensyaratkan adanya publikasi lg
04/07/15 10.05.18: PB Ms Yuddy H: Sekolah2 S3 di Ausie jg gak butuh ada publikasi.. bs jalur coursework namanya.. sama spt di S2
04/07/15 10.05.35: PB Ms Yuddy H: Tp tetep.saat s3 kita buat tulisan dan publikasi
04/07/15 10.06.02: PB Ms Yuddy H: Gimana kira2? Do able kan ya?
04/07/15 10.06.15: PB Nana: Wah, terima kasih atas penjelasannya kak.
Saya rasa jelas

Lanjut ke pertanyaan kedua ya kak..

apakah persyaratan lain beasiswa ini hrus orang yg dulunya kuliah S1 itu orang yg aktif di organisasi? Jika yg tidak aktif organisasi di kuliah apakah bisa meraih beasiswa USAID? Srta IP berapakah minimal supaya dpet beasiswa ini? Terima kasih kak:)

Sama satu lgi kak. Apakah jurusan matematika bisa mengambil beasiswa USAID? Serta apakah persyaratannya sama atau berbeda?
04/07/15 10.06.19: PB Ms Yuddy H: Bukan atur able.. hehe
04/07/15 10.07.00: PB Ms Yuddy H: Gak mesti aktif di organisasi kok..
04/07/15 10.07.11: PB Ms Yuddy H: Kalau aktif lbh bagus jg
04/07/15 10.07.59: PB Ms Yuddy H: Asalkan kita punya sesuatu yg bs membawa kebaikan bg org lain.. akan membawa kebaikan bg kita jg
04/07/15 10.08.25: PB Ms Yuddy H: Kalo gak aktif organisasi, bs aktif kegiatan2 sosial

04/07/15 10.08.58: PB Ms Yuddy H: IP biasanya ada .. biasanya minimum 3.00 dr skala 4
04/07/15 10.09.21: PB Ms Yuddy H: Jurusan matematika bisa kemana2 mbak
04/07/15 10.09.28: PB Ms Yuddy H: Kan math itu pelajaran dasar
04/07/15 10.09.48: PB Ms Yuddy H: Jd jgn kawatir.. syarat2 nya sama
04/07/15 10.10.10: PB Ms Yuddy H: Kalau IP pas2an, kita coba lebih di hal lain
04/07/15 10.10.30: PB Ms Yuddy H: Misal di organisasi atau networking
04/07/15 10.10.46: PB Ms Yuddy H: Kan IP hanya salah satu indikator aja..
04/07/15 10.11.10: PB Ms Yuddy H: Dan itu gak bs dibandingkan antar 1 univ dgn univ lain
04/07/15 10.11.24: PB Ms Yuddy H: Makanya kalo ada rekomendasi.. itu yg bicara banyak
04/07/15 10.11.36: PB Ms Yuddy H: Siapp mbak
04/07/15 10.12.18: PB Nana: Terima kasih kak :)Pertanyaan selanjutnya lebih spesifik nih kak

Saat kuliah kegiatan apa yg menunjang kak yuddy utk terpilih beasiswa dalam hal akuntansi?

Apa saja tahap2 saat seleksi wawancara ? Adakah yg berkaitan dengan akuntansi?

Adakah saat proses beasiswa disuruh jawab soal2 akuntansi?
04/07/15 10.14.40: PB Ms Yuddy H: Kegiatan yg menunjang saya wkt itu krn kebetulan bekerja di pemerintahan jdnya saya sebutkan bbrp prestasi kerja saya yg terkait keilmuan saya itu
04/07/15 10.15.05: PB Ms Yuddy H: Waktu itu saya membuat pendekatan baru dlm pengelolaan utang
04/07/15 10.15.47: PB Ms Yuddy H: Ada temen saya wkt itu saya sarankan dgn prestasi membuat sistem arsip yg cepat dan tepat
04/07/15 10.16.14: PB Ms Yuddy H: Apapun bs kita sampaikan. Mendekati akuntansi jg bisa.
04/07/15 10.16.36: PB Ms Yuddy H: Saat tes kita gak akan ditanya hal2 pelajaran
04/07/15 10.17.29: PB Ms Yuddy H: Tp lbh ke apa yg sudah kita perbuat.. apa yg akan kita lakukan ke depan.. lebih ke hal2 yg sifatnya umum
04/07/15 10.18.05: PB Ms Yuddy H: Tahap2 wawancara, waktu saya di ADS, ada 2 org yg wawancara..
04/07/15 10.19.03: PB Ms Yuddy H: Ingat: jgn merasa di atas angin saat menghadapi mereka. Jgn menggurui. Tetaplah humble, tp tunjukkan kita bisa.
04/07/15 10.19.41: PB Ms Yuddy H: Waktu saya di USAID ada 6 org yg wawancara
04/07/15 10.20.07: PB Ms Yuddy H: Tp baik ADS maupun USAID punya pertanyaan yg mirip
04/07/15 10.20.18: PB Ms Yuddy H: Gak.ada yg tanya ttg aspek teknis
04/07/15 10.20.49: PB Ms Yuddy H: Utk tahapan wawancara, tidak ada proses pemaparan dr kita
04/07/15 10.21.01: PB Ms Yuddy H: Jd langsung tanya
04/07/15 10.21.13: PB Ms Yuddy H: Paling hanya perkenalan singkat aja
04/07/15 10.23.22: PB Nana: Lanjut ya kak

Apa perbdan bwasw ads dan usaid? Bagaimana untkn meningkatkan toefl? Brp lama persiapan untk mendptkn beasiswa? Terima kash
04/07/15 10.23.26: PB Ms Yuddy H: Siapp
04/07/15 10.24.01: PB Ms Yuddy H: Selain beda negara, tujuan pemberian beasiswanya beda
04/07/15 10.24.48: PB Ms Yuddy H: ADS lbh umum bidang2nya.. USAID lbh sempit.. misalnya ekonomi dan ilmu2 sosial serta eksakta lainya
04/07/15 10.24.55: PB Ms Yuddy H: Gak ada yg bisnis ..
04/07/15 10.25.19: PB Ms Yuddy H: Maksudnya MBA
04/07/15 10.25.34: PB Ms Yuddy H: Kalau utk master akuntansi tetap ada
04/07/15 10.26.27: PB Ms Yuddy H: Satu lg yg saya lupa.. Ini penting: usahakan kita saat apply beasiswa, bidang yg kita ambil.sejalan dgn tujuan diadakannya beasiswa
04/07/15 10.27.05: PB Ms Yuddy H: Waktu saya di USAID, kebetulan teman nya wkt itu penguatan ekonomi dan kebijakan publik.
04/07/15 10.27.31: PB Ms Yuddy H: Saya yg latar belakang akuntansi dan keuangan, merasa gak masuk ini keilmuan saya.
04/07/15 10.27.44: PB Ms Yuddy H: Akhirnya.saya apply utk ekonomi keuangan
04/07/15 10.27.54: PB Ms Yuddy H: Jdnya ada keterkaitan..
04/07/15 10.28.25: PB Ms Yuddy H: Setiap pemberi beasiswa tentu mau supaya beasiswa mereka tepat sasaran dan tujuan
04/07/15 10.29.06: PB Ms Yuddy H: Jd harus dicari bidang yg mendekati antara tujuan mereka dan bidang kita
04/07/15 10.29.22: PB Ms Yuddy H: Kalo mmg sejalan sejak awal, lbh bagus.lg
04/07/15 10.29.42: PB Nana: Begitu ya kak
04/07/15 10.29.49: PB Nana: Sangat jelas sekali
04/07/15 10.29.52: PB Nana: Lanjut ya kak
04/07/15 10.29.56: PB Nana: bagaimana kalau tempat kerja kita sekarang membatasi peluang kita mengikuti program beasiswa?

semacam ada aturan di dalam yg menghambat?

dan misal kita lawan aturan itu sekalipun.. beasiswa s2 ataupun s3 kita tetap tidak memberikan nilai tambah secara langsung pd posisi kita di kantor… pangkat dan golongan tidak akan disetarakan..

ini kasus alumni stan yg sekarang mas…

bagaimana pendapat mas yudi.. yg mungkin berada di era stan yg berbeda…
04/07/15 10.30.21: PB Ms Yuddy H: Syukurlah mbak..
04/07/15 10.30.49: PB Ms Yuddy H: Hehe.. itu ada pertanyaan japri
04/07/15 10.31.02: PB Ms Yuddy H: Baiklah saya jawab di sini ya mas Ilham
04/07/15 10.31.29: PB Ms Yuddy H: Pertama jgn sampai aturan itu membuat kita demotivasi.. menurunkan motivasi kita
04/07/15 10.32.17: PB Ms Yuddy H: Pertahankan niat utk tetap belajar blajar blajar.. (slogan kampanye Caprea 2019 hehe)

04/07/15 10.32.50: PB Ms Yuddy H: Memang kita gak bs tabrak aturan yg ada, krn akan merugikan jg
04/07/15 10.33.18: PB Ms Yuddy H: Bisa aja.mbak Luthfi.. cuman repost nih mbak
04/07/15 10.33.32: PB Ms Yuddy H: Yg bisa kita lakukan adalah bersabar
04/07/15 10.33.49: PB Ms Yuddy H: Kan gak lama aturannya.membatasi kan?
04/07/15 10.34.02: PB Ms Yuddy H: Saya jg dulu begitu
04/07/15 10.34.12: PB Ms Yuddy H: Sembari menunggu jg diam.aja
04/07/15 10.34.18: PB Ms Yuddy H: Kita bangun network
04/07/15 10.34.26: PB Ms Yuddy H: Perdalam.bahasa inggris
04/07/15 10.34.46: PB Ms Yuddy H: Perbanyak peluang.. misalnya nulis2 di majalah atau koran
04/07/15 10.34.56: PB Ms Yuddy H: Pokoknya.lakukan sesuatu utk isi waktu
04/07/15 10.35.15: PB Ms Yuddy H: Niscaya pada saatnya kesempatan terbuka pasti bermanfaat
04/07/15 10.35.33: PB Ms Yuddy H: Ini jg utk ttp.mempertahankam motivasi kita
04/07/15 10.36.04: PB Ms Yuddy H: Itu pengalaman saya ya.. bukan pemikiran saya spt apa kata motivator2 di tivi itu hehe
04/07/15 10.36.18: PB Nana: Oh..begitu ya kak..
Sudah jelas kak..
Lanjut ya..apakah kak yudi uda berkeluarga, apakah ada kendala bagi yg sudah berkeluarga? Baik beasiswa ADS maupun USAID
04/07/15 10.36.44: PB Ms Yuddy H: Jd mas ilham.. jgn merasa down.. tetap semangat.. pertahankan keinginan..
04/07/15 10.37.20: PB Ms Yuddy H: Sering2 bergaul di PBEC biar ttp semangat dgn energi positif PBEC
04/07/15 10.37.46: PB Ms Yuddy H: Mbak Wahid jelas2 mulu.. temen2 lain mgkn blm jelas ??
04/07/15 10.38.07: PB Ms Yuddy H: Nahhh… itu pertanyaan baguss
04/07/15 10.38.32: PB Ms Yuddy H: Kedua beasiwa itu bertentangan!!
04/07/15 10.38.53: PB Ms Yuddy H: Emang ada yg sdh berkluarga di sini??
04/07/15 10.39.24: PB Ms Yuddy H: siapp mas Ilham
04/07/15 10.39.30: PB Ms Yuddy H: Saya berusaha utk membantu
04/07/15 10.39.34: PB Ms Yuddy H: Smoga berkenan
04/07/15 10.39.48: PB Ms Yuddy H: Jgn patah semangat dulu yaa
04/07/15 10.39.54: PB Ms Yuddy H: Ok lanjut yg family
04/07/15 10.40.22: PB Ms Yuddy H: ADS itu sgt mendukung kita bawa family ke negara tujuan
04/07/15 10.40.46: PB Ms Yuddy H: Malah wkt thn2 sblm 2005 kalo bawa kluarga kita dikasi uang tambahan
04/07/15 10.41.04: PB Ms Yuddy H: Sayang wkt itu saya blum laku.. jdnya gak dpt.lebih.. ??
04/07/15 10.41.26: PB Ms Yuddy H: Nah kalo USAID ini… boleh bawa, tp syaratnya sulitttt
04/07/15 10.41.50: PB Ms Yuddy H: Mulai dr alasan yg benar2 urgent
04/07/15 10.43.05: PB Ms Yuddy H: Trus harus sediakan deposit dlm USD selama 3 bulan mengendap sebeasar 0.5 kali bulanan yg kita terima kali jmlh anggota kluarga yg akan ikut.. kali jumlah bulan mereka akan tinggal
04/07/15 10.43.37: PB Ms Yuddy H: Selain itu ada biaya asuransi dan tiket pswt PP yg harus disediakan
04/07/15 10.44.07: PB Ms Yuddy H: Selain itu perlu surat sponsor yg.mengatakan bahwa kita akan kembali ke Indonesia stlh belajar
04/07/15 10.44.24: PB Ms Yuddy H: Dan masih ada bbrp deret syarat lain yg hrs dipenuhi
04/07/15 10.44.41: PB Ms Yuddy H: Intinya utk USAID itu tdk mudah bawa kluarga
04/07/15 10.44.45: PB Ms Yuddy H: ???
04/07/15 10.45.13: PB Ms Yuddy H: Jadilah kluarga saya tertinggal di Jakarta.. untung ada Skype ??
04/07/15 10.45.32: PB Ms Yuddy H: Tp saya msh berusaha utk cari jalan spy mereka bs ikut kemari
04/07/15 10.46.04: PB Nana: Wah kasihan keluarga kak 🙁
04/07/15 10.46.12: PB Nana: Pasti kangen
04/07/15 10.47.00: PB Nana: Lamjut ya kak…

Rekomendasi dari luar negeri berwujud seperri apa? Apakah bentuk printout email….atau scan berstempel?
04/07/15 10.47.05: PB Ms Yuddy H: Iya mbak bener skali
04/07/15 10.47.24: PB Ms Yuddy H: Tp InShaa Allah minggu depan saya mau ke Jakarta.
04/07/15 10.47.56: PB Ms Yuddy H: Biasanya surat rekomendasi ada form nya masing2 dr pemberi beasiswa
04/07/15 10.48.20: PB Ms Yuddy H: Biasanya ada pertanyaan dgn skala2 sikap gt..
04/07/15 10.48.34: PB Ms Yuddy H: Jelek sampai Sangat Baik
04/07/15 10.49.03: PB Ms Yuddy H: Nah di bawahnya biasanya ada sedikit cerita
04/07/15 10.49.41: PB Ms Yuddy H: Knapa kita dianggap bagus
04/07/15 10.49.48: PB Ms Yuddy H: Dimana kekuatan kita
04/07/15 10.49.57: PB Ms Yuddy H: Apa yg pernah kita perbuat padanya
04/07/15 10.50.22: PB Ms Yuddy H: Yg terkait dgn diri & organisasi si pemberi rekomendasi
04/07/15 10.50.45: PB Nana: Alhamdulillah 🙂 lebaran di Indonesia ya kak..
Bolehlah ya..ketemu…

Ada pertanyaan lagi kak..
Beasiswa USAID/ADS ditujukan untuk kampus tertentu atau bagaimana? Bisa lebih spesifik nggk ttg sertifikat bahasa inggris yg digunakan?
04/07/15 10.51.01: PB Ms Yuddy H: Kalau bentuknya scan aja
04/07/15 10.51.10: PB Ms Yuddy H: Kalo berstempel.lbh bagus lg
04/07/15 10.51.36: PB Ms Yuddy H: Kalo gak ada stempel.. bs tanda tgn aja.. kan utk org pribadi gak punya stempel
04/07/15 10.51.55: PB Ms Yuddy H: Alhamdulilah mbak…
04/07/15 10.52.10: PB Ms Yuddy H: Mudah2 ada kesempatan ya mbak
04/07/15 10.52.29: PB Ms Yuddy H: O ya.. meningkatkan toefl td ya
04/07/15 10.53.09: PB Ms Yuddy H: Saya jawab singkat dl di sini ya. Krn panjang jg caranya.
04/07/15 10.53.47: PB Ms Yuddy H: Sesering mungkin latihan 4 area: reading, speaking, listening dan writing
04/07/15 10.54.12: PB Ms Yuddy H: Cari buku2 atau bahan2 nya di internet cukup bnyk
04/07/15 10.54.27: PB Ms Yuddy H: Kalo ada akses ke perpus jg bagus
04/07/15 10.55.15: PB Ms Yuddy H: Saya kasi info ke temen2 jika di Jakarta bs jd anggota perpus kedubes US. Gratis utk siapa aja..
04/07/15 10.55.27: PB Ms Yuddy H: Disitu ada bnyk bahan2 toefl
04/07/15 10.55.36: PB Ms Yuddy H: Alamatnya deket Bank Indoneasia
04/07/15 10.56.02: PB Ms Yuddy H: Siapp
04/07/15 10.56.22: PB Ms Yuddy H: ADS dan USAID gak spt LPDP..
04/07/15 10.56.39: PB Ms Yuddy H: Kedua beasiswa ini bebas dlm memilih skolah

04/07/15 10.56.48: ‪+62 857‑1053‑8805‬: Kalo yg otodidak utk latihan speakingnya gmn ka? Mengingat saya berada di lingkungan yg orang2nya kurang interest sama english
04/07/15 10.56.50: PB Ms Yuddy H: Jd gak susah kan
04/07/15 10.57.22: PB Ms Yuddy H: Ttg sertifikat.. maksudnya yg bagaimana?
04/07/15 10.57.37: PB Ms Yuddy H: Toefl institusi atau internasional gt ya??
04/07/15 10.57.58: PB Ms Yuddy H: Mbak Nilam.. kalau mau belajar speaking mmg baiknya sama org Bule ya
04/07/15 10.58.59: PB Ms Yuddy H: Tp kalo kondisi lingkungan gak mendukung mgkn bs cari di lingkungan lain
04/07/15 10.59.12: PB Ms Yuddy H: Misalnya ada klub bahasa inggris
04/07/15 10.59.26: ‪+62 821‑1078‑6908‬: Saya kasi info ke temen2 jika di Jakarta bs jd anggota perpus kedubes US. Gratis utk siapa aja.. ? daftar bisa dihari sabtu or minggu gak kak?
04/07/15 10.59.37: PB Ms Yuddy H: Atau.mgkn via internet. Ada semacam klub yg bs utk belajar speaking
04/07/15 10.59.47: PB Ms Yuddy H: Saya coba cari2 tau jg ya
04/07/15 10.59.59: PB Ms Yuddy H: Sebaikmha mmg cari temen2 yg satu interest
04/07/15 11.00.09: PB Ms Yuddy H: Sebaiknya
04/07/15 11.00.32: PB Ms Yuddy H: Wah sabtu minggu kebetulan tutup mbak..?
04/07/15 11.01.02: PB Ms Yuddy H: Utk yg sertifikat.. awalnya bs pakai Toefl institusi kok
04/07/15 11.01.10: PB Ms Yuddy H: Gak mesti yg international
04/07/15 11.01.37: PB Ms Yuddy H: Kedua beasiswa itu akan biayai kita utk tes yg internasional
04/07/15 11.01.51: PB Ms Yuddy H: Iya mbak Diana
04/07/15 11.02.04: PB Ms Yuddy H: Saya lbh enak bicara drpd ngetik
04/07/15 11.02.18: PB Ms Yuddy H: Kebetulan batre saya tinggal 20%
04/07/15 11.02.36: PB Ms Yuddy H: Bs interaktif kalo bicara
04/07/15 11.02.46: PB Ms Yuddy H: Tp sayangnya jarak jauh ya..
04/07/15 11.02.47: PB Nana: Bisa diakhiri memberikan closing statement kak
04/07/15 11.03.34: PB Nana: Sama link USAID dan ADS kak serta kontak yang bisa dihubungi kak selain wa mungkin 🙂
04/07/15 11.04.03: PB Nana: Iya kak ? kendala jarak..kalau WA begini juga bisa dibaca2 ulang ?
04/07/15 11.04.31: PB Ms Yuddy H: Berbuatlah baik semua orang utk.memperluas network. Pertahankan niat dan berusaha cari jalan lain. Krn kesempatan sgt banyak. Yg paling penting selalu berdoa dan ingat Yang Di Atas..
04/07/15 11.05.01: PB Ms Yuddy H: Ok utk link dan info perpus nya saya susulkan 1 jam lg ya
04/07/15 11.05.08: PB Ms Yuddy H: Saat ini sy sdg di luar rmb
04/07/15 11.05.10: PB Ms Yuddy H: Rumah
04/07/15 11.05.40: PB Ms Yuddy H: Utk kontak saya bs pakai Line: yhendranata
04/07/15 11.05.56: PB Ms Yuddy H: Atau email hendranata.yuddy@gmail.com
04/07/15 11.06.00: PB Ms Yuddy H: Siappp
04/07/15 11.06.05: PB Ms Yuddy H: Nanti disebarkan ya
04/07/15 11.06.10: PB Nana: Terima kasih atas waktu, info, ilmu yang dibagikan kak…semoga bermanfaat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *